China Luncurkan Kereta Super Cepat Dengan Kecepatan 300 km/jam

Masalah transportasi ternyata menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah China. Kendati sudah terbilang maju, nyatanya negeri tirai bambu tersebut tetap saja mengupayakan pembenahan di sektor transportasi. Masalah kereta salah satunya, meskipun sudah banyak kereta cepat yang menghubungkan kota-kota dengan jarak yang jauh namun ternyata masih memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu pada 26 desember kemarin, pemerintah China meluncurkan kereta baru yang berjenis kereta super cepat.

Layanan kereta super cepat itu resmi diluncurkan Rabu kemarin. Kereta super cepat ini memang di desain untuk perjalanan jauh, dan menghubungkan rute jarak jauh. Untuk tahap pertama, kereta super cepat akan melayani rute Beijing dan Guangzhou dengan jarak sekitar 2200 km. Istimewanya, kereta super cepat ini memiliki kecepatan yang luar biasa mencapai 300 km/jam. Jarak Beijing-Guangzhou yang biasa ditempuh dengan kereta biasa menghabiskan waktu sekitar 20 jam, bisa dilahap kereta super cepat ini dengan hanya 8 jam saja.
Jika diasumsikan di di Indonesia, Jarak Jakarta-Surabaya sekitar 800 km, bisa dengan mudah dilalui kereta ini hanya dalam waktu 3 jam saja.

Comments