Pesawat Tanpa Awak Buatan BPPT Siap Diterbangkan 2013

Menristek Gusti Muhammad Hatta memberikan pernyataan resmi bahwa pesawat tanpa awak bernama Wulung siap dioperasikan pada 2013 nanti. Pesawat yang dapat dikendalikan dengan remot kontrol dari jarak 73 km tersebut merupakan buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Setelah mengalami beberapa uji coba di bulan Oktober dan November lalu, dipastikan pesawat tanpa awak yang mengusung mesin 2 tak tersebut akan siap beroperasi tahun 2013 nanti.
Meski ukurannya hanya sepanjang 5 meter dengan bentang sayap sekitar 6 meter, namun pesawat ini mempunyai kekuatan yang hebat dan multifungsi. Menristek menjelaskan bahwa pesawat ini dirancang khusus dengan teknologi canggih sehingga mampu melakukan tugas-tugas tertentu.
Selain untuk kepentingan militer seperti mata-mata, pesawat ini juga bisa digunakan untuk pemotretan wilayah, pemadaman kebakaran hutan dan membuat hujan buatan. Pesawat ini mampu terbang selama 4 jam non stop dengan jarak tempuh maksimal 70 km dan ketinggian maksimal 12.000 kaki. Biaya pembuatan pesawat ini menghabiskan sekitar Rp. 1 – 1,5 miliar per unitnya.

Comments